Sabtu, 31 Desember 2011

MS.WORD 2007

 
MS.WORD 2007





A.Mengatur Perataan Teks Paragraf
Perataan teks dalam paragraf dapat dilakukan dengan posisi rata sisi kiri (
left-align
),rata sisi kanan (
right-align
), ditengah (
center 
) dan rata sisi kiri dan kanan (
 justify
).
B.Mengatur Indentasi
Anda dapat mengatur indentasi paragraf terhadap margin kiri, margin kanan ataukeduanya. Anda juga dapat membuat indentasi hanya pada baris pertama.
C.Mengatur Jarak Spasi Baris
Apabila diperlukan, Anda dapat mengatur jarak spasi dari baris agar masing-masing baris mempunyai jarak yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan.Latihan:Buatlah paragraf di bawah ini dengan spesifikasi:

Spasi = 1.5

Tipe huruf = Times New Roman

Size huruf = 12
BorderMengatur jarakspasi barisMengaturperataan teks
    
 
Dari teks tersebut, lakukan hal berikut:

Tekan hotkey
ctrl+S
, apa yang terjadi?

Kembali ke teks, tekan hotkey
ctrl+A
, apa yang terjadi?

Klik pada toolbar change case, lalu klik pada sentence case, apa yang terjadi pada karangan tersebut?

Klik pada toolbar change case, lalu klik pada lowercase, apa yang terjadi padakarangan tersebut?

Klik pada toolbar change case, lalu klik pada uppercase, apa yang terjadi padakarangan tersebut?

Klik pada toolbar change case, lalu klik pada capitalize each word, apa yangterjadi pada karangan tersebut?

Klik pada toolbar change case, lalu klik pada toggle case, apa yang terjadi padakarangan tersebut?

Blok hanya pada kata “Perkenalkan ya”, lalu tekan hotkey
ctrl+x
, apa yangterjadi?

Pindahkan kursor ke sebelah kata “Momon”, lalu tekan hotkey
ctrl+v
, apa yangterjadi?

Lalu tekan hotkey
ctrl+z
sebanyak 2 kali, apa yang terjadi? Apa fungsi hotkey
ctrl+z
?

 

Blok kembali pada kata “Perkenalkan ya”, lalu tekan hotkey
ctrl+c
, pindahkankursor ke sebelah kata “Momon”,lalu tekan hotkey
ctrl+v
, apa yang terjadi?

Apa perbedaan hotkey
ctrl+x
dengan
ctrl+c
?

Apa fungsi hotkey
ctrl+v
?
V.Bullet & Numbering
Sangat membantu dalam penulisan suatu karya ilmiah yang terstruktur. Dapat diatur dengdan mengunakan ribbon Paragraph.
 Numbering

Bullets
Latihan:Buatlah tampilan di bawah ini dengan menggunakan bullet & numbering:
VI.Styles
 
 
Word menyediakan fungsi style untuk mempermudah penulisan karya ilmiah dan laporan.Berikut ini adalah cara untuk membuat style baru:1.Klik panah ke bawah pada ribbon styles
2.
Klik pada tombol new style ()3.Akan muncul kotak dialog sebagai berikut:4.Atur style yang diinginkan5.Klik OK Latihan:

Buatlah style baru dengan nama “MyStyle”, tipe huruf Algerian, size 14, color green dengan tipe awal heading 1, jika dienter akan berpindah ke tipe normal.

Buatlah style baru dengan nama “FunStyle”, tipe huruf Times New Roman ,size 18, color blue dengan tipe awal heading 2, jika dienter akan berpindah ketipe MyStyle.
VII.Breaks
 
 
Kadang dalam menulis naskah ada suatu halaman atau kolom yang belum terisisementara kita harus berpindah ke halaman lain. Hal ini dapat dilakukan dengan mudahtanpa harus menekan tombol enter berulang kali. Caranya dengan menggunakan ribbon
Insert

page break
atau
page layout

breaks

page
atau cukup denganmenggunakan hotkey
Ctrl+Enter

VIII.Membuat Kolom Berita
Langkah – Langkah untuk membuat kolom berita :
1.
Click menu tab
Page Layout
pada ribbon
2.
Pilih Columns yang terletak pada ribbon
Page Setup
3.Pilih banyak pembagian kolom yang anda inginkanLatihan : Buatlah kolom berita sepertigambar di bawah ini!
IX.Membuat Table
   
 
Untuk membuat table biasanya kita lebih mudah dengan menggunakan Microsoft Excel.Akan tetapi Microsoft Word juga menyediakan fasilitas untuk membuat sebuah table.Dimana dalam pembuatan table-nya terhitung lebih mudah daripada denganmenggunakan Word 2003.Langkah – Langkah pembuatan table :
1.
Klik menu
Insert
pada ribbon
2.
Pilih icon table , kemudian
Insert Table
Dalam pembuatan sebuah table disediakan beberapa menu tambahan, antara lain :1.InsertDengan menu Insert kita dapat menambahkan kolom, baris, dan cell pada saat pembuatan table.Langkah-Langkah : Klik kanan pada table

Insert

Insert …… (sesuai yganda inginkan)2.MergeDengan Merge kita dapat menggabungkan beberapa kolom/baris menjadi satu.Langkah-Langkah :a.Block baris atau kolom yg anda inginkan terlebih dahulu
b.
Klik kanan

Merge Cells3. Table properties, digunakan untuk mengatur tampilan table.Langkah-Langkah :a.Block tabel terlebih dahulu
b.
Klik kanan

Table PropertiesUntuk latihan, buatlah table seperti gambar dibawah ini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar